Senin, 03 Mei 2010

Pengemasan

* Kemasa yang paling tepat untuk ikan peda :
Ikan Peda merupakan produk olahan tradisional. Produk olahan tradisional adalah produk yang diolah secara sederhana dan umumnya dilakukan pada skala industri rumah tangga. Menurut saya kemasan tradisional seperti daun pisang yang paling tepat untuk ikan peda. Beberapa alasannya diantara lain :
• Pengemasan secara tradisional seperti daun pisang aman dan tidak berbahaya bagi produk seperti ikan peda.
• Tidak merusak cita rasa, warna dan aroma produk.
• Harga daun pisang untuk pengemasan sangat terjangkau dan mudah didapat.
• Daun pisang ramah lingkungan dan mudah untuk terurai.



* Head Space :
Pengisian bahan ke dalam wadah seperti kaleng harus dilakukan sedemikian rupa sehingga tidak terlalu banyak udara tertahan dalam wadah. Maka itu harus disisakan tempat kosong di bagian atas kaleng atau yang sering disebut head space. Head space adalah ruangan antara tutup wadah dan permukaan bahan. Head space ini perlu untuk menampung gas-gas yang timbul akibat reaksi-reaksi kimia dalam bahan dan juga agitasi (pengadukan) serta isi kaleng selama sterilisasi. Head space berguna agar ketika terjadi proses sterilisasi masih ada tempat untuk pengembangan isi. Besar head space dalam kaleng atau wadah sangat penting sebab apabila terlalu kecil akan sangat berbahaya, karena ujung kaleng akan pecah akibat pengembangan isi selama pengolahan. Sebaliknya apabila head space terlalu besar, udara yang terkumpul di dalam ruang terlalu banyak sehingga dapat menyebabkan oksidasi dan perubahan warna bahan yang dikalengkan.
Penutupan kaleng harus sempurna, sebab kebocoran dapat merusak produknya. Sebelum wadah ditutup diperiksa dahulu apakah head space-nya sudah cukup dan sesuai dengan perhitungan. Setelah ditutup sempurna, kaleng perlu dibersihkan jika ada sisa-sisa bahan yang menempel pada dinding kaleng atau wadah. Pencucian dilakukan dengan air panas (suhu sekitar 82,2 oC) yang mengandung larutan H2PO4 dengan konsentrasi 1,0 – 1,5 %, kemudian dibilas dengan air bersih beberapa kali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa diisi yah,,

Cari Blog Ini

Powered By Blogger